Selasa, 15 Maret 2011

Mengembalikan Mood Kita Agar Tetap Semangat Menjalani Hari-hari


Menjaga mood  agar tetap eksis, memang susah dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Ketika rasa jenuh mendekati, ketika rasa bosan melanda, kegiatan apapun walaupun itu dirasa bermanfaat tetap akan membosankan. Semua itu datang dari perasaan kita masing-masing.  Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas dikeseharian kita yang berdampak....
pada  turunya kinerja dalam menjalani aktivitas. Suatu contoh kita sebagai seorang pelajar kalau rasa ini melanda hati, kita mengatakan waduh lagi ga mood nih… Jadi malas untuk belajar. Atau jika sebagai karyawan pabrik waduh lagi ga mood jadi malas bekerja nih… dan masih bnyak contoh lainnya. Tentu bila rasa ini datang terus menghampiri kita, kita tidak semangat untuk belajar, kita ga semangat untuk bekerja.. jangan biarkan itu…

Berikut ini akan saya share bagai mana melawan Badmood bila menghampiri kita.

1. Minum Air putih.
Pertama yang harus kita lakukan jika rasa itu sedang menghinggapi kita adalah dengan minum air putih secukupnya. Kita tahu bahwa air putih sangat baik untuk kesehatan kita, karena air ini akan membantu proses metabolisme dalam tubuh, minum air putih yang cukup akan membantu memperlancar peredaran darah ke otak. Bila kita kurang cukup mengkonsumsi air, tentu akan mengganggu proses metabolisme dalam tubuh sehingga tubuh akan menjadi cepat lelah,cape dan tentunya akan mengganggu aktivitas kita.

2. Menghirup udara segar.
Kita pergi ketempat yang banyak menyimpan oksigen seperi pepohonan, padang rumput,dipagi atau sore hari. Hirup udara segar dalam-dalam, ini juga akan membantu peredaran darah keotak. Jauhi menghirup udara ketika banyak kendaraan bermotor yang lewat, karena asap yang dihasilkan kendaraan bermotor ini bila kehirup tentu akan tidak baik bagi kesehatan kita. Hirup udara yang segar dalam-dalam sampai penuh keluarkan lewat mulut, terus dan terus ulangi lagi sampai otak kita merasa nyaman dan segar.

3. Menggerakan badan kita.
Tubuh bila sedang dilanda kejenuhan, kemalasan dan keBT-an, maka akan sulit mebawanya agar selalu tetap ceria. Hal ini bila kta biarkan tentunya akan menggangu. Gerakan tubuh kita, lemaskan seluruh otot-otot yang tegang biar lentur kembali, hal ini akan membantu otot dan saraf-saraf  kita yang tegang menjadi rileks lagi. Setelah itu mulailah :

4. berkomunikasilah dengan teman-teman kita.
Karena mereka bisa tahu apa yang sedang kita rasakan saat itu. Mereka tahu keluhan kita dan minta untuk memotivasinya. Tentu ini juga akan membantu  bad mood yang sedang kita rasakan agar hilang dan berganti dengan spirit dan motivasi agar tetap semangat.

5. Hindari merokok
Ini untuk cowok kalau cewek merokok ! ya janganlah.
Kita tahu merokok itu bisa menyebakan fugsi-fugsi organ tubuh kita akan terganggu, terutama pau-paru dan jantung,  tapi ini akan terus menjalar keotak kita.Dan menurut para ahli, orang yang merokok akan mengurangi umur 10 tahun lebih cepat. Walaupun yang menentukan usia kita hanya tuhan,, tapi setidaknya dengan merokok akan banyak mengganggu tubuh yang sehat. Karena didalamnya mengandung racun-racun yang berbahaya. Sebut saja Nikoton,Ammonia,formi acid,Karbon monoxide dan puluhan atau mungkin ratusan zat-zat lain yang berbahaya.

6. Lakukan olah raga yang teratur.
Olah raga tidak harus yang berat-berat. Kita bisa melakukan olah raga yang ringan yang bisa memacu energi kita, seperti berjalan,lari-lari kecil angkat beban yang ringan-ringan.  Lakukan ini setiap pagi atau sore hari, Sambil menghirup udara segar

Tidak ada komentar: