Minggu, 05 Juni 2011

Stress Adalah Sebuah Fakta Alam

Stress dapat diartikan Sebuah Dorongan dari dalam atau luar bersifat Fsikis yang mempengaruhi individu. Orang merespon stress dengan cara yang mempengaruhi mereka, serta lingkungannya.
Didalam kehidupan modern saat ini, kita biasanya berpikir bahwa
stres sebagai pengalaman negatif, tetapi dari sudut biologis, stres dapat menjadi pengalaman yang netral, negatif, atau positif.


Secara umum, stres terkait dengan kedua factor, eksternal dan internal. faktor eksternal yaitu lingkungan fisik, termasuk pekerjaan Kita, hubungan Kita dengan orang lain, lingkungan rumah, dan semua situasi, tantangan, kesulitan, dan harapan yang kita hadapi disetiap hari.
Faktor internal menentukan kemampuan tubuh kita untuk merespon, dan menangani berbagai hal yang medorong factor stress eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi kemampuan Anda untuk menangani stres meliputi: status gizi , kesehatan secara keseluruhan dan tingkat kebugaran, kesejahteraan emosional, dan jumlah tidur dan istirahat yang kita dapatkan.

Stres telah mendorong perubahan manusia secara evolusioner. Jadi, spesies/manusia terbaik yang bisa menyesuaikan dengan berbagai factor stress telah bertahan dan berkembang menjadi kerajaan spesies/manusia yang sekarang kita amati.

Manusia adalah makhluk yang paling adaptif di planet yang saat ini kita tempati, karena evolusi otak manusia terutama bagian yang disebut neo-cortex. adaptasi  ini sebagian besar disebabkan oleh perubahan dan stres yang kita hadapi dan sekaligus menguasainya. Karena itu kita manusia, tidak seperti spesies lainnya, bisa hidup dalam iklim atau ekosistem, pada berbagai ketinggian, dan menghindari bahaya predator. Selain itu, terakhir, kita telah belajar untuk hidup di udara, bawah laut, dan bahkan di ruang angkasa, di mana tidak ada makhluk hidup yang kita tahu pernah selamat. Jadi, apa yang begitu buruk tentang stres?

Tidak ada komentar: